SUARA INDONESIA NGAWI

Unik, Pecinta Sepeda Kuno Gelar Upacara Kemerdekaan di Benteng Van Den Bosch Ngawi

Ari Hermawan - 18 August 2022 | 17:08 - Dibaca 1.54k kali
Hiburan Unik, Pecinta Sepeda Kuno Gelar Upacara Kemerdekaan di Benteng Van Den Bosch Ngawi
Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Ngawi, saat upacara Kemerdekaan RI di Benteng Van Den Bosch Ngawi. Foto: Ari Hermawan/ Suara Indonesia

NGAWI - Tak seperti biasanya, upacara dalam rangka Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 digelar di area Benteng Van Den Bocsh Ngawi, Jawa Timur, pada Rabu (17/8/2022).

Sumaryoga, ketua Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Kabupaten Ngawi mengatakan, Benteng Van Den Bosch dipilih sebagai lokasi upacara kemerdekaan karena menjadi saksi sejarah perjuangan.

"Kami pecinta sepeda tua ikut merayakan kemerdekaan RI ke-77, dengan sengaja menggelar upacara di halaman Benteng Van Den Bosch, dan ini momen yang tepat untuk lebih mendalami perjuangan para pejuang terdahulu," kata Yoga sapaan akrab ketua Kosti Ngawi, Rabu (17/8/2022).

Upacara kemerdekaan di depan bangunan tua Benteng Van Den Bosch atau lebih dikenal Benteng Pendem juga diikuti para veteran yang menggunakan baju perang, selain itu ada juga yang menggunakan pakaian adat jawa.

Tidak hanya itu, dilokasi upacara tersebut puluhan sepeda kuno juga ikut dipajang, dibalut hiasan senapan angin, bendera merah putih dan aksesoris kuno pada jaman perjuangan.

"Kosti memiliki struktur kepengurusan dari tingkat pusat, provinsi hingga kabupaten kota. Bahkan hingga Internasional, International Veteran Cycle Asosiasi (IVCA) namanya. Di Ngawi sendiri ada 2.500 anggota Kosti," ungkapnya.

"Harapan kami, dengan kegiatan ini seluruh anggota personel Kosti lebih mengenal cagar budaya perjuangan di Ngawi, apalagi didalam area benteng tersebut ada makam prajurit Pangeran Diponegoro, pahlawan perjuangan," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Ari Hermawan
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya